Cara Bergabung Menjadi Karyawan Tokopedia

November 22, 2016

Bekerja diperusahaan startup sepertinya sekarang sedang menjadi tren diantara kaula muda. Banyak lulusan fresh graduate yang lebih memilih untuk memulai karir mereka diperusahaan-perusahaan yang baru berdiri ini dibandingkan masuk ke perusahaan korporasi yang sudah berdiri bahkan sebelum mereka lahir. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, beberapa diantaranya adalah situasi kantor yang seperti rumah dimana mereka bebas bergaya ala anak muda. Gaji yang ditawarkan pun bersaing dengan perusahaan korporasi dan sejenis. Ditambah lagi pekerjaan yang dilakukan merupakan suatu hal yang saat ini sedang trend dan berkembang dimasyarakat.



Salah satu perusahaan yang saat ini sedang jadi banyak incaran anak-anak muda adalah Tokopedia. Tokopedia saat ini sedang berkembang pesat, dan banyak melakukan perekrutan-perekrutan baru. Contohnya bulan November 2016, Tokopedia merekrut 65 orang karyawan baru secara sekaligus! Jumlah ini adalah jumlah rata-rata perekrutan tiap bulannya, paling tidak jika berkaca dari data dua bulan terakhir. Yang menarik lagi di Tokopedia untuk menjadi seorang atasan tak perlu menunggu waktu yang lama, bahkan sebelum usia 30 kamu bisa menjadi pimpinan suatu tim atau suatu divisi asalkan kamu memang layak dan berkualitas, contohnya bisa kamu baca ditulisan mengenai sukses sebelum usia 30 ini. Nah sekarang, bagaimana sih caranya kamu bisa bergabung di Tokopedia?

Caranya segampang membalikkan telapak tangan tentunya. Buat apa ribet kalo bisa lebih mudah kan. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini ya Toppers (panggilan sayang buat para pengguna Tokopedia, karena kami belum ketemu kamu aja udah sayang, apalagi begitu kita ketemu).

1. Cek situs Tokopedia Careers


Situs ini adalah situs paling lengkap jika kamu mau tahu apa saja lowongan kerja Tokopedia. Saat tulisan ini dibuat ada 58 lowongan posisi! Wow! Banyak kan. Jadi jangan khawatir, we’re almost certainly always looking for new hires, alias Tokopedia hampir pasti akan terus membuka kesempatan untuk talenta-talenta baru agar bisa bergabung dan membina rumah tangga bersama. Akan selalu ada Lowongan Kerja di Tokopedia. Disetiap lowongan akan ada deskripsi atau skill kemampuan yang dicari untuk posisi tersebut. Jadi pastikan skillset kamu cocok dengan lowongan yang tersedia yaaa, tentunya untuk memperbesar kemungkinan kamu tersaring ke tahapan berikutnya.

Begitu kamu menemukan role yang paling cocok dan paling kamu banget, langsung aja klik Apply. Nanti kamu akan diminta buat mengisi data diri, resume/CV, dan portofolio yang kamu miliki. Contoh isiannya seperti dibawah ini.


2. Persiapkan dan asah terus skillmu

Tahapan pertama setelah kamu lolos screening CV adalah tes hardskill. Bentuknya macam-macam, contohnya jika kamu adalah seorang Software Engineer, maka kamu akan diminta untuk menjawab permasalahan/soal yang dikirimkan melalui hackerrank. Berbeda lagi jika kamu mendaftar sebagai Customer Service Officer, atau bagian lain seperti Product. Jadi selalu pastikan skill dan kemampuanmu tajam setiap saat. Selalu berlatih, dan berlatih.

 
3. Persiapkan diri untuk Interview

Setelah tes unjuk skill dan kemampuan seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, jika kamu memang kece dan sesuai dengan standar yang dicari oleh Tokopedia maka berikutnya tahapan yang menunggumu adalah interview. Akan ada 2 interview yang kamu jalani, yang pertama adalah interview bersama HR dan beberapa staf yang saat ini bekerja pada posisi yang kamu lamar. Selanjutnya, jika kamu lolos interview pertama ini, akan ada interview kedua yang siap menunggumu.

Interview kedua sekaligus terakhir ini adalah interview user, kamu akan berhadapan one on one dengan manager yang akan langsung membawahimu. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu beberapa pimpinan departemen di Tokopedia adalah warga negara asing, jadi pastikan Bahasa Inggrismu bisa diandalkan yaa guys. Karena interaksi interviewnya mungkin saja dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Begitu interview selesai kamu tinggal tunggu keputusannya deh. Proses perekrutan staf baru di Tokopedia berlangsung sangat cepat. Biasanya kedua proses interview dilakukan dalam 1 hari yang sama. Jika tidak, bisa saja interview dilakukan via skype. Proses pengumuman hasilnya pun tak makan waktu lama. Kalo kamu memang betul-betul superb, kamu bisa saja ditawarkan untuk bergabung hari itu juga. Namun rata-rata kamu cukup menunggu 2-3 hari kerja untuk menunggu hasilnya.

4. Banyak-banyak berdoa

Ini bisa dibilang langkah paling penting yang sering terlupa oleh orang. Jangan lupa berdoa guys. Supaya semua upayamu dalam mencari pekerjaan baru dipermudah, dan kamu diberikan hal yang terbaik. Jangan lupa juga minta restu kedua orang tua, karena salah satu doa yang paling mujarab adalah doa dari kedua orang tua. Jadi jangan sungkan dan ragu ya, selalu minta doa restu dari mereka.

Begitulah langkah mudah kamu untuk bergabung dengan Tokopedia. Jika kamu ada pertanyaan langsung saja tulis dikomen dibawah ya teman.

Tunggu apa lagi? Segera cek lowongan kerja Tokopedia.

Sudah cek Tokopedia belum?

You Might Also Like

0 komentar